Lahan Bekas Tambang

Kita pasti sudah mengenal lahan bekas tambang, yakni lahan sisa proses pertambangan, biasanya berupa emas, timah, batubara, maupun tambang lainnya. Pada lahan bekas tambang akan ditemukan cekugan atau lubang yang berisi air dan  lapisan tanah dengan komposisi dan warna berbeda. Dijumpai degradasi pada lahan bekas tambang meliputi perubahan sifat fisik, kimia, dan biologi ekosistem baik air, tanah, udara, maupun organisme sehingga ekosistem menjadi tidak sehat.

Reklamasi merupakan kegiatan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki lahan bekas penambangan.   Reklamasi seharusnya juga memperhatikan perbaikan semua komponen ekosistem (yakni sifat fisika, kimia, dan biologi komponen tanah, air, udara, dan organisme).  Inilah tujuan reklamasi sebenarnya yang ingin dicapai dengan rekayasa hayati.  Karena kalau kita melihat upaya reklamasi yang sudah berjalan umumnya masih belum memenuhi harapan atau bersifat asal-asalan.

Perbaikan lahan bekas tambang dengan rekayasa hayati tidak hanya memperhatikan kondisi fisik tanah dan memperbaiki kembali overburden agar tidak terjadi longsor, pembuatan waduk untuk perbaikan kualitas air masam tambang yang beracun, dan kegiatan revegetasi, namun aplikasi rekayasa mikroorganisme juga hal yang menjadi terintegrasi dengan semuanya. Kemudian penerapan prinsip teknik engineering dan pemodelan menjadi suatu kesatuan tools yang saling membahu menyukseskan program reklamasi. Tinggal bagaimana menyatukannya? Maka menjadi tugas rekayasa hayati agar perbaikan lahan bekas tambang sesuai harapan.

Sementara bacaan lain yang saya anjurkan :

Restorasi Lahan Bekas Tambang Berdasarkan Kaidah Ekologi

  1. Tinggalkan komentar

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: